Minggu, 21 Februari 2010

Hari Ini Untuk yang Akan Datang


 
credits: google

Kemana arus akan mengalir?
Ketika kita bicara tentang masa depan pasti kita akan berpikir tentang pekerjaan yang kita idamkan selama ini sebagai suatu hal yang ingin kita capai setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tapi di zaman globalisasi seperti sekarang ini banyak sekali persaingan dalam mendapatkan pekerjaan. Tentu saja banyak yang harus dipersiapkan. Tidak hanya pendidikan yang tinggi tetapi juga skill dan keahlian khusus lain juga sangat dibutuhkan.

Nah, apakah kamu siap menghadapi kedua hal tersebut? Mau tidak mau harus siap karena kita telah menepuh berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD,SMP,SMA sampai kuliah. Dan kuliah ini bukan merupakan puncak dari segalanya. Kita masih harus terus bergerak lagi untuk masa depan kita.

Tentu untuk menggapai masa depan yang gemilang banyak yang harus dipersiapkan. Seberapa siapkah teman-teman menghadapi yang namanya masa depan? Berikut salah satu kutipan mahasiswa teknik fisika semester 8 ketika ditanyai mengenai kesiapannya tersebut, “Tanpa sadar, ketika kita menjalani masa-masa perkuliahan, perlahan-lahan kita telah dilepaskan dari kebiasaan kita semasa sekolah, dan dilatih untuk menjadi lulusan yang berkompeten. Jadi sesungguhnya kita ini telah dipersiapkan menuju kesana. Hanya saja karena kita merasa nyaman dan menikmati hari-hari kita sebagai mahasiswa, seringkali kita enggan melepaskan status tersebut dan memandang ngeri terhadap kelulusan dan dunia kerja.”

Plan!
Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi masa depan, diantaranya perencanaan, kompetensi, serta ikhtiar dan tawakkal.

Pertama perencanaan. Perencanaan sangat penting di berbagai bidang. Perencanaan adalah sebuah hal yang penting dalam bidang ilmu kita Teknik Industri, dan perencanaan ini dapat kita terapkan dalam menjalani hidup kita. Tak sedikit juga yang sama sekali tidak mempunya rencana untuk masa depan. Sebaiknya kita telah menyusun life planning kita sendiri. Jadi kita tau langkah-langkah untuk mencapai tujuan kita, setelah ini kita mau kemana, selanjutnya kemana, dan kita tau goal settingnya seperti apa. Hidup boleh mengalir seperti air, tapi kita sendirilah yang menentukan arusnya. Dan yang terpenting dari sebuah perencanaan adalah pelaksanaanya. Percuma apabila sudah direncanakan tapi tidak ada aksi yang bertindak.

Yang mampu beradaptasi yang menang.
Kedua kompetensi. Semakin hari kita semakin melangkah maju dan bertemu dengan lingkungan yang lebih luas dari yang kita lihat sebelumnya. Di dunia yang seperti ini, hanya yang berkompeten yang sanggup bertahan. Kompetensi disesuaikan dengan bidang yang digeluti masing-masing. Seorang wartawan tentunya harus mempunyai skill untuk membuat suatu berita dan menyajikannya dengan baik. Berbeda dengan seorang dokter yang juga memiliki kemampuan di bidang yang lain lagi untuk bisa menangani pasien-pasiennya melawan penyakit yang mereka derita. Sehingga apabila kita tau profesi apa yang akan kita pilih, kita harus tau kemampuan apa yang harus kita kuasai.

Yang tidak kalah penting adalah ikhtiar dan tawakkal. Tak lepas dari semua rencana kita ada Dzat yang menentukan semuanya.
So guys, mulai sekarang rencanakanlah dan pikirkanlah cita-cita dan masa depan kalian. (mel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 PERSMA HMTI